PERAYAAN ISRA' MI'RAJ MADRASAH ALIYAH (45) GIANYAR TAHUN 1446 H

Menelaah Soal dan Kisi-Kisi Asesmen Madrasah 2023
![]() |
foto kegiatan telaah soal asesmen madarasah |
Madrasah Aliyah 45
Gianyar;
Kegiatan Asesmen Madrasah Berbasis Komputer (AMBK) sudah semakin dekat, semua
guru Madrasah Aliyah 45 Gianyar mempersiapakan atau membuat soal asesmen
madrasah. Supaya soal Asesmen Madrasah (AM) terjamin mutu dan kualitasnya, pada
Senin, 13 Maret 2023 seluruh Guru Madrasah Aliyah 45 Gianyar dan didampingi oleh Pengawas Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Gianyar di ruang
kelas XII IPS.
Dalam
pembukaan acara Kepala Madrasah Aliyah 45 Gianyar Dra. Hj. Andriyani, MA
menegaskan bahwa kegiatan menganalisi soal dan kisi-kisi ini merupakan suatu
kegiatan dalam menentukan tingkat ke absahan butir-butir soal yang dibuat. Analisi
butir soal dilakukan apabila suatu tes sudah selesai dan identifikasi terhadap
setiap butir item soal harus dilakukan untuk menyempurnakan kembali terhadap
butir-butir soal yang dibuat oleh guru. Melalui kegiatan ini kami berharap
kepada rekan-rekan bisa mempelajari dan menyimak penjelasan yang nantinya akan disampaikan oleh
Pengawas Madrasah Kabupaten Gianyar. Kata terakhir yang bisa kami sampaikan
adalah soal yang bermutu adalah soal yang bisa memberikan informasi secara
uptudate dan tidak ada unsur sara di dalamnya.
Dalam
arahan Pengawas Madrasah Azizah Azis, M.Pd menjelaskan bahwa kegiatan
menganalisi butir soal dan kisi-kisi adalah suatu kegiatan yang harus dilakukan
guru untuk meningkatkan mutu dan kualitas soal yang akan ditulis. Tujuan dari
kegiatan ini untuk mengkaji dan menelaah setiap butir soal agar diperoleh soal
yang berkualitas dan bermutu sebelum soal digunakan.
Disamping
itu tujuan menganalisi dan menelaah butir soal juga untuk membantu meningkatkan
tes melalui perbaikan atau membuang soal yang tidak efektif, serta untuk
mengetahui informasi kepada siswaapakah mereka sudah atau belum memahami materi
yang telah diajarkan.
Dalam
menganalisi butir soal, para guru dapat menganalisis secara kualitatif, dalam
kaitan isi dan bentuknya, dan Kuantitatif merupakan pengukuran kesulitan butir
soal dan diskriminasi soal yang termasuk validitas butir soal. Jadi ada du
acara dalam menentukan penelaah butir soal yaitu dengan cara kualitatif dan
kuantitatif, metode ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.
Dengan melalui kegiatan analisis butir soal,
maka guru bisa menentukan soal-soal yang baik dan soal-soal yang cacat atau
tidak dapat berfungsi dengan baik. Disamping itu, guru bisa merevisi soal-soal
yang sudah tidak relevan dengan materi yang diajarkan dengan melihat banyaknya
siswa yang sudah tidak mampu untuk menjawab butir soal tertentu.
Semoga rangkaian Asesmen Madrasah Berstandar
Komputer (AMBK) tahun pelajaran 2022-2023 ini berjalan dengan lancar dan siswa
Madrasah Aliyah 45 Gianyar diberi kemudahan dalam mengerjakan soal-soal Asesmen
Madrasah (AM)
Komentar
Posting Komentar