PERAYAAN ISRA' MI'RAJ MADRASAH ALIYAH (45) GIANYAR TAHUN 1446 H

Gambar
  Madrasah Aliyah (45) Gianyar -  Peringatan Isra’ Mi’raj merupakan salah satu agenda Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) tahunan yang rutin diselanggarakan Bidang Keagamaan OSIM (Organisasi Siswa Intra Madrasah). Madrasah Aliyah (45)  Gianyar   telah  melaksanakan peringatan Isra Miraj 1446 H di aula/mushola pada  hari   Selasa, 4 Februari  2025.   Kegiatan  tersebut  dihadiri oleh  para  pengurus yayasan YAPPENATIM , Kasi Bimas Islam Kabupaten Gianyar, kepala  Madrasah Ibtidaiyah 45 Gianyar   Suparman Spdi. ,  Madrasah Tsanawiyah 45  Gianyar  Zainul Ma’arif S.E ,  dan  Madrasah Aliyah 45 Gianyar  Dra Hj. Andriyani MA ,  serta para  guru  dan  siswa-siswi  Madrasah   Aliyah  45 Gianyar. Acara  dimulai  dengan Sholawat Banjari,  dilanjutkan   dengan pembacaan  Ayat Suci Al-Qur ' an  yang dibawakan  oleh...

Menelaah Soal dan Kisi-Kisi Asesmen Madrasah 2023

 

Menelaah Soal dan Kisi-Kisi Asesmen Madrasah 2023

foto kegiatan telaah soal asesmen madarasah

Madrasah Aliyah 45 Gianyar; Kegiatan Asesmen Madrasah Berbasis Komputer (AMBK) sudah semakin dekat, semua guru Madrasah Aliyah 45 Gianyar mempersiapakan atau membuat soal asesmen madrasah. Supaya soal Asesmen Madrasah (AM) terjamin mutu dan kualitasnya, pada Senin, 13 Maret 2023 seluruh Guru Madrasah Aliyah 45 Gianyar  dan didampingi oleh Pengawas Madrasah  Kementerian Agama Kabupaten Gianyar di ruang kelas XII IPS.

Dalam pembukaan acara Kepala Madrasah Aliyah 45 Gianyar Dra. Hj. Andriyani, MA menegaskan bahwa kegiatan menganalisi soal dan kisi-kisi ini merupakan suatu kegiatan dalam menentukan tingkat ke absahan butir-butir soal yang dibuat. Analisi butir soal dilakukan apabila suatu tes sudah selesai dan identifikasi terhadap setiap butir item soal harus dilakukan untuk menyempurnakan kembali terhadap butir-butir soal yang dibuat oleh guru. Melalui kegiatan ini kami berharap kepada rekan-rekan bisa mempelajari dan menyimak  penjelasan yang nantinya akan disampaikan oleh Pengawas Madrasah Kabupaten Gianyar. Kata terakhir yang bisa kami sampaikan adalah soal yang bermutu adalah soal yang bisa memberikan informasi secara uptudate dan tidak ada unsur sara di dalamnya.

Dalam arahan Pengawas Madrasah Azizah Azis, M.Pd menjelaskan bahwa kegiatan menganalisi butir soal dan kisi-kisi adalah suatu kegiatan yang harus dilakukan guru untuk meningkatkan mutu dan kualitas soal yang akan ditulis. Tujuan dari kegiatan ini untuk mengkaji dan menelaah setiap butir soal agar diperoleh soal yang berkualitas dan bermutu sebelum soal digunakan.

Disamping itu tujuan menganalisi dan menelaah butir soal juga untuk membantu meningkatkan tes melalui perbaikan atau membuang soal yang tidak efektif, serta untuk mengetahui informasi kepada siswaapakah mereka sudah atau belum memahami materi yang telah diajarkan.

Dalam menganalisi butir soal, para guru dapat menganalisis secara kualitatif, dalam kaitan isi dan bentuknya, dan Kuantitatif merupakan pengukuran kesulitan butir soal dan diskriminasi soal yang termasuk validitas butir soal. Jadi ada du acara dalam menentukan penelaah butir soal yaitu dengan cara kualitatif dan kuantitatif, metode ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Dengan melalui kegiatan analisis butir soal, maka guru bisa menentukan soal-soal yang baik dan soal-soal yang cacat atau tidak dapat berfungsi dengan baik. Disamping itu, guru bisa merevisi soal-soal yang sudah tidak relevan dengan materi yang diajarkan dengan melihat banyaknya siswa yang sudah tidak mampu untuk menjawab butir soal tertentu.

Semoga rangkaian Asesmen Madrasah Berstandar Komputer (AMBK) tahun pelajaran 2022-2023 ini berjalan dengan lancar dan siswa Madrasah Aliyah 45 Gianyar diberi kemudahan dalam mengerjakan soal-soal Asesmen Madrasah (AM)

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MONITORING DAN EVALUASI BOS 2024

Simulasi Kegiatan Asesmen Bakat Minat

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah Tahun 2024