PERAYAAN ISRA' MI'RAJ MADRASAH ALIYAH (45) GIANYAR TAHUN 1446 H

![]() |
Foro: Kegiatan Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka |
Madrasah Aliyah 45 Gianyar, Dalam
rangka meningkatkan kualitas guru untuk menyiapkan implementasi kurikulum
merdeka dan menguasai digitalisasi dalam pembelajaran Madrasah Aliyah 45 Gianyar
mengadakan Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Pembelajaran Berbasis
Digital. Pelatihan ini dilaksanakan pada hari ahad, 6 Nopember 2022 di ruang
kelas XII IPS.
Dalam sambutannya kepala Madrasah
Aliyah 45 Gianyar Dra. Hj. Andriyani, MA menyampaikan kegiatan pelatihan ini
dilaksanakan untuk memperkenalkan dan membekali
guru memahami kurikulum merdeka dan aplikasi dalam proses pembelajaran.
Mengingat perkembangan ilmu teknologi tidak terlepas dari kehidupan saat ini,
maka guru harus memahami dan menguasai bidang TIK.
Acara ini diikuti oleh 20 peserta
terdiri dari dua peserta dari MI 45, dua peserta dari MTs 45 Gianyar dan enam
belas peserta dari guru madrasah Aliyah 45 Gianyar.
Ibu azizah Azis, M.Pd sebagai pengawas madrasah dalam arahannya mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk menguatkan pengetahuan tentang kurikulum merdeka. Madrasah Aliyah 45 Gianyar ini adalah salah satu madrasah yang ada digianyar yang mendapatkan bantuan kinerja dan bantuan afirmasi dari pemerintah, bantuan ini adalah wujud perhatian pemerintah untuk memajuikan pendidikan di madrasah. Dana bantuan ini yang ada dipoin 5 diamanatkan untuk mengadakan kegiatan pengembangan potensi guru agar guru-guru yang ada dimadrasah lebih terlatih dan berkembang dan menguasai ilmu pengetahuan tentang IT maupun yang lainnya. Guru harus lebih berani menantang situasi, keluar dari zona nyaman agar pandangan lebih terbuka dan membuat suatu tantangan serta hambatan menjadi sebuah kesempatan. Ujarnya.
Narasumber pertama pada pelatihan
ini adalah Dr. Ni Nyoman Kawiwati, S.Pd, M.Pd, beliau memaparkan materi dengan
lugas dan tegas. Didalam isi materinya mengatakan bahwa belajar bukan untuk
mengikuti ujian melainkan untuk mencapai tujuan yang bermakna, Proses belajar
bukan dikemdalikan oleh guru melainkan harus ada kesepakatan antara guru dan
siswa.
Struktur Kurikulum fase E
merupakan struktur yang berada dikelas X sedangkan struktur fase F untuk kelas
XI dan XII, struktur mata pelajarannya dibagi menjadi dua bagian yang pertama
kelompok pelajaran umum dan yang ke dua kelompok pelajaran pilihan.
Capaian pembelajaran terdiri dari
ATP Alur Tujuan Pembelajaran, TP Tujuan Pembelajaran dan Modul Ajar. Dalam
melakukan asesmen guru harus mengikuti alur atau merancang pembelajaran dengan
cara merancang pembelajaran berdiferensiasi-pembelajaran yang mengakomudir
kebutuhan belajar murid-Tujuan pembelajaran berdiferensiasi adalah membantu
siswa untuk tumbuh secara maksimal sesuai kemampuan- berdiferensiasi terdiri
dari Proses, Konten dan Produk.
Asesmen diagnotik yaitu untuk
mengetahui kemampuan dasar siswa dan
mengetahui kondisi awal siswa. Asesmen
Formatif yaitu asesmen yang bertujuan untuk memberikan informasi atau
umpan balik bagi pendidik dan peserta didik untuk mengetahui proses belajar
sedangkan asesmen sumatif adalah asesmen yang dilakukan untuk memastikan
ketercapaian keseluruhan tujuan pembelajaran.
Diharapkan dengan adannya
kegiatan ini madarasah Aliyah 45 gianyar siap untuk menghadapi perubahan,
membuat madrasah 45 Gianyar semakin exsis dan berkembang yang nantinya Madrasah
Aliyah 45 Gianyar beserta gurunya menciptakan lingkungan yang mandiri dan
berprestasi dan siap menjadi agen-agen perubahan dimasa depan. Ujar kepala
madasah Aliyah 45 Gianyar dalam penutupan kegiatan tersebut.
Komentar
Posting Komentar