PERAYAAN ISRA' MI'RAJ MADRASAH ALIYAH (45) GIANYAR TAHUN 1446 H

Gambar
  Madrasah Aliyah (45) Gianyar -  Peringatan Isra’ Mi’raj merupakan salah satu agenda Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) tahunan yang rutin diselanggarakan Bidang Keagamaan OSIM (Organisasi Siswa Intra Madrasah). Madrasah Aliyah (45)  Gianyar   telah  melaksanakan peringatan Isra Miraj 1446 H di aula/mushola pada  hari   Selasa, 4 Februari  2025.   Kegiatan  tersebut  dihadiri oleh  para  pengurus yayasan YAPPENATIM , Kasi Bimas Islam Kabupaten Gianyar, kepala  Madrasah Ibtidaiyah 45 Gianyar   Suparman Spdi. ,  Madrasah Tsanawiyah 45  Gianyar  Zainul Ma’arif S.E ,  dan  Madrasah Aliyah 45 Gianyar  Dra Hj. Andriyani MA ,  serta para  guru  dan  siswa-siswi  Madrasah   Aliyah  45 Gianyar. Acara  dimulai  dengan Sholawat Banjari,  dilanjutkan   dengan pembacaan  Ayat Suci Al-Qur ' an  yang dibawakan  oleh...

Pelatihan Kurikulum Merdeka dan Pembelajaran Digital Madrasah Aliyah 45 Gianyar

 

 Foro: Kegiatan Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka

Madrasah Aliyah 45 Gianyar, Dalam rangka meningkatkan kualitas guru untuk menyiapkan implementasi kurikulum merdeka dan menguasai digitalisasi dalam pembelajaran Madrasah Aliyah 45 Gianyar mengadakan Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Pembelajaran Berbasis Digital. Pelatihan ini dilaksanakan pada hari ahad, 6 Nopember 2022 di ruang kelas XII IPS.

Dalam sambutannya kepala Madrasah Aliyah 45 Gianyar Dra. Hj. Andriyani, MA menyampaikan kegiatan pelatihan ini dilaksanakan untuk memperkenalkan dan membekali  guru memahami kurikulum merdeka dan aplikasi dalam proses pembelajaran. Mengingat perkembangan ilmu teknologi tidak terlepas dari kehidupan saat ini, maka guru harus memahami dan menguasai bidang TIK.

Acara ini diikuti oleh 20 peserta terdiri dari dua peserta dari MI 45, dua peserta dari MTs 45 Gianyar dan enam belas peserta dari guru madrasah Aliyah 45 Gianyar.

Ibu azizah Azis, M.Pd sebagai pengawas madrasah dalam arahannya mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka untuk menguatkan pengetahuan tentang kurikulum merdeka. Madrasah Aliyah 45 Gianyar ini adalah salah satu madrasah yang ada digianyar yang mendapatkan bantuan kinerja dan bantuan afirmasi dari pemerintah, bantuan ini adalah wujud perhatian pemerintah untuk memajuikan pendidikan di madrasah. Dana bantuan ini yang ada dipoin 5 diamanatkan untuk mengadakan kegiatan pengembangan potensi guru agar guru-guru yang ada dimadrasah lebih terlatih dan berkembang dan menguasai ilmu pengetahuan tentang IT maupun yang lainnya. Guru harus lebih berani menantang situasi, keluar dari zona nyaman  agar pandangan lebih terbuka dan membuat suatu tantangan serta hambatan menjadi sebuah kesempatan. Ujarnya.

Narasumber pertama pada pelatihan ini adalah Dr. Ni Nyoman Kawiwati, S.Pd, M.Pd, beliau memaparkan materi dengan lugas dan tegas. Didalam isi materinya mengatakan bahwa belajar bukan untuk mengikuti ujian melainkan untuk mencapai tujuan yang bermakna, Proses belajar bukan dikemdalikan oleh guru melainkan harus ada kesepakatan antara guru dan siswa.

Struktur Kurikulum fase E merupakan struktur yang berada dikelas X sedangkan struktur fase F untuk kelas XI dan XII, struktur mata pelajarannya dibagi menjadi dua bagian yang pertama kelompok pelajaran umum dan yang ke dua kelompok pelajaran pilihan.

Capaian pembelajaran terdiri dari ATP Alur Tujuan Pembelajaran, TP Tujuan Pembelajaran dan Modul Ajar. Dalam melakukan asesmen guru harus mengikuti alur atau merancang pembelajaran dengan cara merancang pembelajaran berdiferensiasi-pembelajaran yang mengakomudir kebutuhan belajar murid-Tujuan pembelajaran berdiferensiasi adalah membantu siswa untuk tumbuh secara maksimal sesuai kemampuan- berdiferensiasi terdiri dari Proses, Konten dan Produk.

Asesmen diagnotik yaitu untuk mengetahui  kemampuan dasar siswa dan mengetahui kondisi awal siswa. Asesmen  Formatif yaitu asesmen yang bertujuan untuk memberikan informasi atau umpan balik bagi pendidik dan peserta didik untuk mengetahui proses belajar sedangkan asesmen sumatif adalah asesmen yang dilakukan untuk memastikan ketercapaian keseluruhan tujuan pembelajaran.

Diharapkan dengan adannya kegiatan ini madarasah Aliyah 45 gianyar siap untuk menghadapi perubahan, membuat madrasah 45 Gianyar semakin exsis dan berkembang yang nantinya Madrasah Aliyah 45 Gianyar beserta gurunya menciptakan lingkungan yang mandiri dan berprestasi dan siap menjadi agen-agen perubahan dimasa depan. Ujar kepala madasah Aliyah 45 Gianyar dalam penutupan kegiatan tersebut.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MONITORING DAN EVALUASI BOS 2024

Simulasi Kegiatan Asesmen Bakat Minat

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah Tahun 2024