PERAYAAN ISRA' MI'RAJ MADRASAH ALIYAH (45) GIANYAR TAHUN 1446 H

MA 45 PUNYA SEJARAH
1. Latar Belakang Berdirinya Madrasah
Pembangunan di bidang agama terutama di bidang pendidikan memiliki kedudukan dan peranan yang sangat penting dalam meletakkan landasan moral, etika, teknologi dan spiritual yang kokoh dalam pembangunan di bidang Pendidikan Nasional.
Proses pengembangan di bidang pendidikan diarahkan pada upaya meningkatkan kecerdasan bangsa, meningkatkan kuwalitas dan kuantitas anak didik (siswa), maka pendidikan agama merupakan sarana untuk menambah semarak dan menambah kenikmatan beragama serta meningkatkan ketakwaan terhadap Allah SWT. Karena berperan dalam memelihara kesatuan dan persatuan bangsa, apa lagi pada saat-saat sekarang ini.
Pendidikan agama sangat memegang peranan untuk menciptakan anak didik yang bermoral dan berakhlak mulia. Sejalan hal tersebut, maka Madrasah Aliyah 45 Gianyar merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Yayasan YAPPENATIM ( Yayasan Penolong Pendidikan Anak Yatim dan Miskin) merupakan salah satu lembaga pendidikan tertinggi menengah atas yang berada di tengah-tengah mayoritas Hindu di Gianyar.
Keberadaan yayasan YAPPENATIM tidak dapat
dipisahkan dari almarhum Drs.H. Abdul
Rachman. M.PdI. Keberhasilan Drs. H.Abdul
Rachman. M.PdI, tidak hanya ke dalam pondok pesantren saja.P engabdian dan
karya baktinya terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
mengukir sejarah yang tak akan mungkin terlupakan. Maka agar berkelanjutan
pendididkan dan pengajaran tetap dapat berjalan dan berkembang dengan lancar,
dan atas pemikiran dan inisiatif Drs.H. Abdul Rachman. M.PdI. Maka didirikanlah
lembaga pendidikan yaitu Madrasah Aliyah 45 Gianyar pada tahun 1994.
Yayasan YAPPENATIM ini meliputi berbagai
lembaga, baik lembaga formal maupun lembaga non formal yaitu :
1. Lembaga Formal
a. Madrasah Ibtidaiyah
(SD/MI)
b. Madrasah Tsanawiyah
(SMP/MTS)
c. Madrasah Aiyah (SMA/MA)
d. Diniyah
2. Lembaga Non Formal
a. Panti asuhan
b. Koppontren
c. Wira usaha
Dalam sejarah perjalanan,
segala sesuatu yang berkaitan dengan
pembiayaan Madrasah Aliyah 45 Gianyar tidak pernah membebankan pada anak didik,
dengan kata lain anak didik hanya punya kewajiban untuk belajar dan terus belajar
2. Tokoh Perintis
Pada awal berdirinya Madrasah Aliyah 45 Gianyar diprakasai oleh pengurus yayasan yang dipimpin oleh K.H. Abdurrahman pada tahun 1994 K.H. Abdurahman menunjuk Drs. H. Ansori untuk menjadi Kepala Madrasah Aliyah 45 Gianyar yang pertama.
3. Tahun Berdiri
Tahun berdirinya Madrasah Aliyah 45 Gianyar sebagaimana telah ditulis diatas yaitu pada tahun 1994
4. Status Tanah
Status tanah Madrasah Aliyah 45 Gianyar pada tahun awal berdirinya tahun 1994 milik yayasan YAPPENATIM. Adapun luas lahan seluas 3200 M2, dengan luas bagunan 850 M2.
5. Letak Geografis
Madrasah Aliyah 45 Gianyar dari letak geografis sangat strategis karena berada di kota, mudah dijangkau oleh masyarakat, dekat dengan pasar dan dikiri kanan masih banyak pohon-pohon rindang sejuk dan bersahabat dengan alam.
6. Bangunan Awal
Pada tahun 1994-1997 Madrasah Aliyah 45 Gianyar masih menggunakan gedung Madrasah Stanawiyah 45 Gianyar, dalam kegiatan KBM dilaksanakan pada siang hari. Dengan kegigihan dan usaha yang dilakukan pengurus yayasan untuk membangun gedung Madrasah Aliyah 45 Gianyar telah terwujud pada tahun 1998 dengan cara mencari bantuan kepara donatur yang ada di Yayasan YAPPENATIM.
7.
Kepala Madrasah Pertama
Untuk
kelancaran proses pelaksanaan KBM serta tertibnya administrasi Madrasah, maka
ditunjuk dan diangkatlah Bapak Drs. H. Ansori untuk menjadi kepala Madrasah
Aliyah 45 Gianyar yang pertama.
Dari
sejak pertama berdirinya Madrasah Aliyah 45 Gianyar tahun 1994 sampai dengan
tahun 2015 telah 3 kali pergantian kepala Madrasah dan 1 kali pengangkatan Plt sbb :
1. Drs.
H. Ansori dari tahun 1994 s.d. tahun 2005;
2. Rudi
Suhartono, SE dari tahun 2005 s.d. tahun 2008
3. Amin
Alim, S.PdI (Plt) dari bulan Agustus s.d. Oktober 2008
4. Dra. Hj. Andriyani, MA dari tahun 2008 s.d. sekarang
B. IDENTITAS MADRASAH
Sebagai
lembaga pemerintah yang bergerak di bidang pendidikan yang tujuannya adalah
untuk mencerdaskan bangsa yang diharapkan agar anak didik menjadi cerdas
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, maka Madarasah ini juga
mempunyai indentitas sebagai berikut :
1 Nama madrasah : Madrasah
Aliyah 45 Gianyar
2 Nomor Statistik Madrasah :
131251040001
3 NPSN : 60105478
4 Status Madrasah : Swasta
5 Akreditasi madrasah : B (Baik)
6 Tahun Akreditasi : 2019
7 Tahun Berdiri Madrasah : 1994
8 Alamat lengkap Madrasah :
Jalan Astina Timur Po.Box. 110 Gianyar,
Desa/Kecamatan, Samplangan/Gianyar, Kabupaten Gianyar Provinsi Bali, Nomor
Telepon 0361-946176
9 NPWP Madrasah : 200252401907000
10 Nama Kepala Madrasah : Dra. Hj. Andriyani, MA
11 Nomor Telepon/ HP : 081553310533
12 Nama Yayasan : YAPPENATIM
13 Nomor Telepon yayasan : 0361-943470
14 Alamat Yayasan : Jalan Astina Timur Gianyar
C.
VISI, MISI, dan TUJUAN MADRASAH
Dalam rangka meningkatkan tugas dan fungsi
Yayasan YAPPENATIM dalam bidang pendidikan melalui Madrasah Aliyah 45 Gianyar,
maka ditetapkan :
1.
Visi
Unggul dalam IPTEK, Berbudaya dan Islami
2. Misi
Misi Madrasah Aliyah “45”
Gianyar adalah :
a. Meningkatkan perestasi akademik
peserta didik dan lulusan
b. Membentuk peserta didik yang
berakhlak Islami
c. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan
d. Meningkatkan prestasi
ekstrakurikuler
e. Menumbuhkan jiwa baca di lingkungan
Madrasah
f.
Meningkatkan
kemampuan Bahasa Inggris, Arab. Dan Bali
g. Meningkatkan kemampuan anak dalam
baca tulis Al-Qur’an
3. Tujuan Sekolah
Tujuan pendidikan
Nasional sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang No 20 tahun 2003, Bab II
pasal 3 adalah “ Berkembangnya potensi peseta didik agar menjadi manusia yang beriman
dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu,
cakap, kreatif, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab “
Sedangkan tujuan pendidikan Tingkat Satuan Pendidikan
Menengah, sebagaimana tercantum dalam Standar Isi dan Standar Kompetensi
halaman 543 adalah “ Meningkatkan
kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak
mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan
lebih lanjut “
Mengacu pada kedua tujuan
pendidikan di atas, maka tujuan Madrasah Aliyah “45” Gianyar adalah :
a. Meningkatkan mutu pendidikan bidang
akademik melalui pencapaian nilai akhir
semester, nilai ujian sekolah serta nilai ujian nasional
b. Meningkatkan prestasi siswa bidang
non akademik melalui berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler seperti Takrow,
seni musik, bola volley, bola basket dll
c. Meningkatkan jumlah kelulusan siswa
dalam ujian akhir, baik ujian sekolah
maupun ujian nasional
d. Meningkatkan jumlah siswa yang
diterima di perguruan tinggi negeri baik
melalui PBU maupun jalur seleksi SNMPTN
e. Agar siswa benar-benar menjadi manusia
yang cakap, berprestasi
bagi dirinya
dan membawa nama baik sekolah.
f. Agar
siswa benar-benar mampu, cakap, trampil, berguna dan berdaya guna bagi diri,
masyarakat, bangsa dan Negara dalam hidup dan kehidupan.
g. Agar
guru, pegawai dapat diharapkan menjadi tenaga siap pakai,
handal, fropisional dan mampu dalam mengemban tugasnya masingmasing dengan
baik.
h. Agar
di sekolah benar-benar berfungsi sebagai lembaga pendidikan
formal, tercipta kerja sama yang baik sama warga sekolah untuk memajukan proses belajar mengajar, terwujud tujuan pendidikan, tercipta suasana di sekolah aman, tertib dan tentram.
4. Strategi
1.
Meningkatkan kualitas guru.
2.
Meningkatkan prestasi siswa baik akademik maupun non akademik.
3.
Meningkatkan kualitas prestasi nilai Ujian Sekolah dan Ujian
Nasional.
4.
Meningkatkan sarana prasarana gedung, laboratorium IPA,
perpustakaan dan laboratorium Teknologi
Imformatika
Komentar
Posting Komentar