PERAYAAN ISRA' MI'RAJ MADRASAH ALIYAH (45) GIANYAR TAHUN 1446 H

Gambar
  Madrasah Aliyah (45) Gianyar -  Peringatan Isra’ Mi’raj merupakan salah satu agenda Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) tahunan yang rutin diselanggarakan Bidang Keagamaan OSIM (Organisasi Siswa Intra Madrasah). Madrasah Aliyah (45)  Gianyar   telah  melaksanakan peringatan Isra Miraj 1446 H di aula/mushola pada  hari   Selasa, 4 Februari  2025.   Kegiatan  tersebut  dihadiri oleh  para  pengurus yayasan YAPPENATIM , Kasi Bimas Islam Kabupaten Gianyar, kepala  Madrasah Ibtidaiyah 45 Gianyar   Suparman Spdi. ,  Madrasah Tsanawiyah 45  Gianyar  Zainul Ma’arif S.E ,  dan  Madrasah Aliyah 45 Gianyar  Dra Hj. Andriyani MA ,  serta para  guru  dan  siswa-siswi  Madrasah   Aliyah  45 Gianyar. Acara  dimulai  dengan Sholawat Banjari,  dilanjutkan   dengan pembacaan  Ayat Suci Al-Qur ' an  yang dibawakan  oleh...

MA 45 Punya Sejarah

 

 

MA 45 PUNYA SEJARAH

 


1. Latar Belakang Berdirinya Madrasah

Pembangunan di bidang agama terutama di bidang pendidikan memiliki kedudukan dan peranan yang sangat penting dalam meletakkan landasan moral, etika, teknologi dan spiritual yang kokoh dalam pembangunan di bidang Pendidikan Nasional.

Proses pengembangan di bidang pendidikan diarahkan pada upaya meningkatkan kecerdasan bangsa, meningkatkan kuwalitas dan kuantitas anak didik (siswa), maka pendidikan agama merupakan sarana untuk menambah semarak dan menambah kenikmatan beragama serta meningkatkan ketakwaan terhadap Allah SWT. Karena berperan dalam memelihara kesatuan dan persatuan bangsa, apa lagi pada saat-saat sekarang ini.

Pendidikan agama sangat memegang peranan untuk menciptakan anak didik yang bermoral dan berakhlak mulia. Sejalan hal tersebut, maka Madrasah Aliyah 45 Gianyar merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Yayasan YAPPENATIM ( Yayasan Penolong Pendidikan Anak Yatim dan Miskin) merupakan salah satu lembaga pendidikan tertinggi menengah atas yang berada di tengah-tengah mayoritas Hindu di Gianyar.

    Keberadaan yayasan YAPPENATIM tidak dapat dipisahkan dari almarhum Drs.H. Abdul
Rachman. M.PdI. Keberhasilan Drs. H.Abdul Rachman. M.PdI, tidak hanya ke dalam pondok pesantren saja.P engabdian dan karya baktinya terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara mengukir sejarah yang tak akan mungkin terlupakan. Maka agar berkelanjutan pendididkan dan pengajaran tetap dapat berjalan dan berkembang dengan lancar, dan atas pemikiran dan inisiatif Drs.H. Abdul Rachman. M.PdI. Maka didirikanlah lembaga pendidikan yaitu Madrasah Aliyah 45 Gianyar pada tahun 1994.

    Yayasan YAPPENATIM ini meliputi berbagai lembaga, baik lembaga formal maupun lembaga non formal yaitu :

1. Lembaga Formal

a. Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI)

b. Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTS)

c. Madrasah Aiyah (SMA/MA)

d. Diniyah

2. Lembaga Non Formal  

a. Panti asuhan

b. Koppontren

c. Wira usaha

Dalam sejarah perjalanan, segala sesuatu  yang berkaitan dengan pembiayaan Madrasah Aliyah 45 Gianyar tidak pernah membebankan pada anak didik, dengan kata lain anak didik hanya punya kewajiban untuk  belajar dan terus belajar

 


     2. Tokoh Perintis

 

Pada awal berdirinya Madrasah Aliyah 45 Gianyar diprakasai oleh pengurus yayasan yang dipimpin oleh K.H. Abdurrahman pada tahun 1994 K.H. Abdurahman menunjuk Drs. H. Ansori untuk menjadi Kepala Madrasah Aliyah 45 Gianyar yang pertama.

     3. Tahun Berdiri

Tahun berdirinya Madrasah Aliyah 45 Gianyar sebagaimana telah ditulis diatas yaitu pada tahun 1994

     4. Status Tanah

Status tanah Madrasah Aliyah 45 Gianyar pada tahun awal berdirinya tahun 1994 milik yayasan YAPPENATIM. Adapun luas lahan seluas 3200 M2, dengan luas bagunan 850 M2.

5. Letak Geografis

Madrasah Aliyah 45 Gianyar dari letak geografis sangat strategis karena berada di kota, mudah dijangkau oleh masyarakat, dekat dengan pasar dan dikiri kanan masih banyak pohon-pohon rindang sejuk dan bersahabat dengan alam.

6. Bangunan Awal

Pada tahun 1994-1997 Madrasah Aliyah 45 Gianyar masih menggunakan gedung Madrasah Stanawiyah 45 Gianyar, dalam kegiatan KBM dilaksanakan pada siang hari. Dengan kegigihan dan usaha yang dilakukan pengurus yayasan untuk membangun gedung Madrasah Aliyah 45 Gianyar telah terwujud pada tahun 1998 dengan cara mencari bantuan kepara donatur yang ada di Yayasan YAPPENATIM.

7. Kepala Madrasah Pertama

Untuk kelancaran proses pelaksanaan KBM serta tertibnya administrasi Madrasah, maka ditunjuk dan diangkatlah Bapak Drs. H. Ansori untuk menjadi kepala Madrasah Aliyah 45 Gianyar yang pertama.

 

Dari sejak pertama berdirinya Madrasah Aliyah 45 Gianyar tahun 1994 sampai dengan tahun 2015 telah 3 kali pergantian kepala Madrasah dan 1 kali pengangkatan Plt  sbb :

1. Drs. H. Ansori dari tahun 1994 s.d. tahun 2005;

2. Rudi Suhartono, SE dari tahun 2005 s.d. tahun 2008

3. Amin Alim, S.PdI (Plt) dari bulan Agustus s.d. Oktober 2008

4. Dra. Hj. Andriyani, MA dari tahun 2008 s.d. sekarang

B. IDENTITAS MADRASAH

 

Sebagai lembaga pemerintah yang bergerak di bidang pendidikan yang tujuannya adalah untuk mencerdaskan bangsa yang diharapkan agar anak didik menjadi cerdas beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, maka Madarasah ini juga mempunyai indentitas sebagai berikut :

 

1      Nama madrasah                                : Madrasah Aliyah 45 Gianyar

2      Nomor Statistik Madrasah                : 131251040001

3      NPSN                                               : 60105478

4      Status Madrasah                               : Swasta

5      Akreditasi madrasah                         : B (Baik)

6      Tahun Akreditasi                              : 2019

7      Tahun Berdiri Madrasah                   : 1994

8      Alamat lengkap Madrasah                : Jalan Astina Timur Po.Box. 110     Gianyar, Desa/Kecamatan, Samplangan/Gianyar, Kabupaten Gianyar Provinsi Bali, Nomor Telepon 0361-946176     

9      NPWP Madrasah                              : 200252401907000

10  Nama Kepala Madrasah                   : Dra. Hj. Andriyani, MA

11  Nomor Telepon/ HP                          : 081553310533

12  Nama Yayasan                                  : YAPPENATIM

13  Nomor Telepon yayasan                   : 0361-943470

14  Alamat Yayasan                               : Jalan Astina Timur Gianyar

C. VISI, MISI, dan TUJUAN MADRASAH

Dalam rangka meningkatkan tugas dan fungsi Yayasan YAPPENATIM dalam bidang pendidikan melalui Madrasah Aliyah 45 Gianyar, maka ditetapkan :

       1.  Visi

            Unggul dalam IPTEK, Berbudaya dan Islami

2.      Misi

Misi Madrasah Aliyah “45” Gianyar  adalah :

a.       Meningkatkan perestasi akademik peserta didik dan lulusan

b.       Membentuk peserta didik yang berakhlak Islami

c.       Menumbuhkan jiwa kewirausahaan

d.       Meningkatkan prestasi ekstrakurikuler

e.       Menumbuhkan jiwa baca di lingkungan Madrasah

f.        Meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, Arab. Dan Bali

g.       Meningkatkan kemampuan anak dalam baca tulis Al-Qur’an


3.      Tujuan Sekolah

Tujuan pendidikan Nasional sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang No 20 tahun 2003, Bab II pasal 3 adalah “  Berkembangnya potensi peseta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab “

Sedangkan  tujuan pendidikan Tingkat Satuan Pendidikan Menengah, sebagaimana tercantum dalam Standar Isi dan Standar Kompetensi halaman 543 adalah “ Meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak  mulia, serta ketrampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut “

Mengacu pada kedua tujuan pendidikan di atas, maka tujuan Madrasah Aliyah “45” Gianyar adalah  :

a.    Meningkatkan mutu pendidikan bidang akademik  melalui pencapaian nilai akhir semester, nilai ujian sekolah serta nilai ujian nasional

b.    Meningkatkan prestasi siswa bidang non akademik melalui berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler seperti Takrow, seni musik, bola volley, bola basket dll

c.    Meningkatkan jumlah kelulusan siswa dalam ujian akhir,     baik ujian sekolah maupun ujian nasional

d.    Meningkatkan jumlah siswa yang diterima di perguruan  tinggi negeri baik melalui PBU maupun jalur seleksi SNMPTN

e. Agar siswa benar-benar menjadi manusia yang cakap, berprestasi

    bagi dirinya dan membawa nama baik sekolah.

f.    Agar siswa benar-benar mampu, cakap, trampil, berguna dan berdaya guna bagi diri, masyarakat, bangsa dan Negara dalam hidup dan kehidupan.

g.  Agar guru, pegawai dapat diharapkan menjadi tenaga siap pakai,

    handal, fropisional dan mampu dalam mengemban tugasnya masingmasing dengan baik.

h.  Agar di sekolah benar-benar berfungsi sebagai lembaga pendidikan

    formal, tercipta kerja sama yang baik sama warga sekolah untuk memajukan proses belajar mengajar, terwujud tujuan pendidikan, tercipta suasana di sekolah aman, tertib dan tentram.

       4. Strategi

1. Meningkatkan kualitas guru.

2. Meningkatkan prestasi siswa baik akademik maupun non akademik.

3. Meningkatkan kualitas prestasi nilai Ujian Sekolah dan Ujian

    Nasional.

4. Meningkatkan sarana prasarana gedung, laboratorium IPA,

    perpustakaan dan laboratorium Teknologi Imformatika

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MONITORING DAN EVALUASI BOS 2024

Simulasi Kegiatan Asesmen Bakat Minat

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah Tahun 2024